Sabtu, 28 Mei 2016

Harvard library http://library.harvard.edu/

Urnivesitas Harvard merupakan Universitas ternama dan termasuk 10 Universitas terbaik di dunia. Universitas ini menjadi universitas terfavorit bagi pelajar karena banyak pelajar yang ingin mendapatkan ilmu untuk menimba ilmu di Universitas ternama ini. Perpustakaan yang dimiliki oleh Universitas Harvard merupakan perpustakaan terbesar nomor dua di dunia setelah perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Pada zaman ini seiring dengan berkembangnya teknologi perpustakaan Harvard menyediakan perpustakaan yang berbentuk digital tujuannya ialah untuk memudahkan pengguna mengakses bahan pustaka yang ada di perpustakaan tersebut dan dimana saja pengguna bisa mengaksesnya tanpa perlu ke gedung perpustakaannya. Perpustakaan Harvard juga memiliki portal perpustakaan online berbasis web, dengan web tersebut maka pengguna dapat mengakses beberapa katalog, dapat mencari tahu tentang jam perpustakaan, sekolah, fasilitas, dsb. Perpustakaan ini berkerjasama dengan Google dengan memanfaatkan kekuatan Internet untuk membuat para pengguna dapat menemukan buku yang mereka minati dengan tepat. Buku digitalnya mencapai 18 juta judul dan jumlah foto ada 8 juta buah. Uniknya salah satu koleksi di Perpustakaan Harvard ini ada yang bersampulkan dari kulit manusia yang membahas tentang ilmu kejiwaan dan kehidupan setelah mati.

Halaman utama perpustakaan digital Harvard



Untuk menjadi anggota dari perpustakaan, seseorang harus mendaftar secara resmi. Seseorang harus mengikuti prosedur pendaftaran sesuai dengan administrasi dari perpustakaan tersebut. Ada beberapa perpustakaan yang hanya mengijinkan orang-orang tertentu untuk menjadi anggotanya, contohnya seperti perpustakaan Harvard.

Beberapa perpustakaan harvard yang berbasis online
1. Frances Loeb Perpustakaan adalah salah satu arsitektur terkemuka, arsitektur lansekap, dan perkotaan perencanaan dan Desain Perpustakaan di dunia. Koleksi mencerminkan bersejarah, saat ini, dan muncul bidang penyelidikan di bidang desain. Dalam lingkup internasional, dan meliputi semua format (buku, jurnal, Gambar, foto, buku dan koleksi arsip dan koleksi sampel bahan).
2. Seni rupa perpustakaan
  •  Perpustakaan seni adalah antara Perpustakaan-Perpustakaan terkemuka di dunia untuk mempelajari seni, arsitektur dan budaya visual dari jaman dahulu hingga sekarang.
  • Koleksi termasuk dokumentasi tekstual dan visual yang komprehensif pada lukisan, cetakan, Gambar, patung, fotografi, arsitektur, seni dekoratif, sejarah mengumpulkan dan estetika, Museum Seni dan pelestarian kekayaan budaya.
  •  Koleksi khusus perpustakaan berisi lebih dari 2,5 juta foto-foto bersejarah, cetakan, kartu pos, album, film stills, poster, rubbings dan gambar.

Koleksi yang terdapat di Harvard Library
  •  Ribuan item-buku harian, buku-buku umum, korespondensi, dokumen hukum, catatan Universitas, gambar, peta, buku catatan mahasiswa, pengamatan ilmiah dan catatan kuliah-yang membentuk sejarah dokumenter Harvard dan berfungsi sebagai salah satu koleksi sejarah besar sosial di Amerika Serikat berkembang.
  • Daguerreotypes. 3.500 Harvard daguerreotypes berkumpul di sebuah koleksi online.
  • Zoologi. The Jacques Burkhardt Collection yang terdiri dari 976 ilmiah gambar vertebrata ikan dan lain-lain dan invertebrata. Koleksi ini juga termasuk catatan lapangan, korespondensi, buku harian, foto, dan catatan spesimen dari 15-bulan ekspedisi Brasil Louis Agassiz di 1865-66.
  •  Digital Maps. Lebih dari 1.000 peta dan atlas, banyak georeferensi untuk digunakan dalam GIS. Termasuk peta dari New England kota, London, Cina, peta bergambar oleh Ernest Dudley Chase, api-asuransi dan real-properti atlas dan peta dari Perang Revolusi.
  •  Jurnal,  Klik disini;


  • Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini, lalu klik title dan pilih huruf abjad yang anda inginkan.
  • Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini


  • Manuskrip


  • Buku bacaan

Fasilitas perpustakaan harvard
  • Tidak memiliki fasilitas karena jurnal atau koleksi yang ada di Harvard library tidak bisa di download hanya bisa dibaca secara online
  • Tidak bisa menjadi anggota perpustakaan tersebut karena mereka tidak memberikan ID kepada kita hanya orang-orang yang berada di lingkungan tersebut dan memiliki ID nya yang bisa menjadi anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar