Rabu, 13 April 2016

Definisi Perpustakaan Digital, Sejarah Perpustakaan Digital dan Jenis Perpustakaan Digital

Semakin berkembangnya zaman di era globalisasi saat ini ilmu teknologi semakin maju dan berkembang sangat pesat. Salah satunya di bidang perpustakaan saat ini orang hanya mengetahui bahwasanya perpustakaan itu  berbentuk gedung, tetapi semenjak majunya teknologi, perpustakaan sekarang sudah ada yang berbentuk digital. Dengan adanya perpustakaan digital kita mudah mengakses informasi yang kita butuhkan dengan menggunakan koleksi yang telah di sediakan oleh perpustakaan digital. Dengan hal itu kita dapat langsung membuka alamat website yang telah dibuat oleh salah satu perpustakaan. Jadi, kita bisa mengakses  dimana saja koleksi yang ada di perpustakaan digital tanpa perlu mengunjungi gedung perpustakaan. Tapi dengan syarat harus ada jaringan internet  baru bisa kita mengakses perpustakaan digital.
Berikut beberapa definisi perpustakaan digital:
·         Perpustakaan digital adalah koleksi data multimedia dalam skala besar  yang  terorganisasi  dengan  perangkat  manajemen  informasi  dan  metode  yang  mampu menampilkan  data  sebagai  informasi  dan  pengetahuan  yang  berguna  bagi  masyarakat  dalam berbagai   konteks organsiasi   dan   sosial   masyarakat.
·         Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.

Sejarah Perpustakaan Digital
·         Sebelum tahun 1960: Perpustakaan Tradisional
·          Pertengahan tahun 1960-1988 : perkembangan teknologi informasi dan jaringan yang dapat mengolah dokumen menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Perpustakaan masih berkembang semi modern dengan menggunakan katalog indeks.
·         Tahun 1990 : berkembang teknologi internet yang mampu mengakses informasi dengan cepat. Katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan lebih cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan
·         Tahun 1991 : Proyek TULIP (The University Licensing Project), kerjasama beberapa universitas di Amerika dengan perusahaan Elsevier Science, meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data serta teknik pengaksesan perpustakaan digital.
·         September 1995 : Proyek NSF/ARPA/NASA merupakan lanjutan penelitian Proyek TULIP. Istilah perpustakaan digital digunakan untuk pertama kali dalam bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital.

Jenis Perpustakaan Digital
1.  Full Text
ü  Pemrosesan dan manipulasi data lebih mudah
ü   Ukuran data lebih kecil
ü   Data terformat dalam bentuk SGML (Standard Generalized Markup Language)

2. Page Image
ü  Sesuai untuk system browsing
ü  Tidak memerlukan font karena berupa file image
ü   Tidak memerlukan biaya besar dalam pembuatan (low cost)
ü   Perbedaan   ”perpustakaan   biasa”   dengan   ”perpustakaan digital”   terlihat   pada  keberadaan  koleksi. 
ü   Koleksi  digital  tidak  harus  berada  di  sebuah  tempat  fisik,  sedangkan  koleksi  biasa  terletak  pada  sebuah  tempat  yang  menetap,  yaitu  perpustakaan.


Demikianlah pengertian  perpustakaan digital, sejarah perrpustakaan digital dan jenis perpustakaan digital. Semoga kedepannya perpustakaan di Indonesia bisa lebih maju lagi dan berkembang hingga mampu bersaing dengan perpustakaan di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar